SELAMAT DATANG di SALAMKU7

Kamis, 15 April 2010

Tugas Kuliah

CROSS CULTURE UNDERSTANDING
“Gesture Dalam Komunikasi Antar Budaya “

GROUP :09
CLASS : J

ABDUSSSALAM
DWI FEBRIYANTI
ERNIN R
RIRIN T
DAHLIA

TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY
UNIVERSITY OF MURIA KUDUS
2009
Gesture Dalam Komunikasi Antar Budaya
Komunikasi merupakan sebuah alat bagi manusiaa untuk mennyampaikan maksud atau tujuan tertentu kepada orang lain , dengan menggunakan bahasa yang jelas dan bias di cerna oleh orang lain.Sehingga tujuan yang di maksud bias di sampaikan melalui bahasa.karna bahasa adalah unsure utama dari komunikasi dan termasuk juga dalam unsure atau bagian dalam kebudayaan.
Berbagai jenis komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.Komunikasi intra budaya adalah komunokasi di antara anggota yang berbudaya sama,meliputi semua bentuk komunikasi antar anggota suatu etnik / rasa tau komunikasi antara siapa yang berkebudayaan sama.
2. Komunikasi Etnik / Ras adalah komunikasi etnik/ ras yang berbeda atau komunikasi antar etnik atau ras yang sama.Tetapi punya background atau sub cultural yang berbeda.
3. Komunikasi lintas Budaya adalah suatu study perbandingan gagasan stsu konsep dalam berbagai kebudayaan ( interaksi antara orang dari latar belakang yang berbeda).Lintas budaya juga sering di sebut sebagai perbandingan interaksi antara orang dari latar belakang yang sama.
4. Komunikasi Internasional adalah Komunikasi antar bangsa dan antara lembaga pemerintahan yang berbeda Negara.hal ini di pengaruhi oleh hokum international , kekuatan militer dan perjanjian kerjasama.
Sedangkan hubungan hubungan antara komunikasi dengan kebudayaan sangat sangat erat sekali.karna berkonsentrasi pada hubungan perlintasankomunikasi verbal dan non verbal antara kelompok sosial dalam masyarakat.Di dalam kita berkomunikasi dengan masyarakat, komunikasi verbal dan non verbal sering kita gunakan.Komunikasi verbal pada dasarnya adalah komunikasi yang menggunakan tulisanyang bbisa menyiratkan dan menyampaikan pesan kepada orang lain, sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh.Dan untuk mengetahui komunikasi / pesan non verbal , akan kami jelaskan secara spesifik pada bagian berikut.

Pengertian Komunikasi Non Verbal.
Pada dasarnya komunikasi Non Verbal merupakan Komunikasi antar individu yang melibatkan bahasa non lisan dan ekspresi wajah ,kontak mata,gerak tubuh dan postur.Sedangkan menurut Dr.Alo Liliwere M.S Komunikasi atau pesan non Verbal adalah merupakan bahasa isyarat ,gerakan – gerakan tubuh,tangan,bahkan jari –jari semuanya mempunyai makna tertentu untuk mengekspresikan perasaaan, tindakan , emosi dan lain –lain.
Jadi pesan atau komunikasi non verbal itu adalah kimunikasi yang melibatkan semua anggota tubuh manusia yang menunjukkan ekspresi secara spontan yang bias nenunjukkan arti dan maksud tertentu dalam komunikasi.
Dalam komunikasi lintas budaya dapat kita ambil contoh yaitu seperti gesture yang di gunakan oleh orang spanyol ketika mereka mamanggil orang dengan menggunakan dan melambaikan tangan mereka dengan jari –jari tangan di bawah.dan mereka menghindari
untukk memasukkan tangan ke dalam saku mereka. Dan ketika mere4ka berada di restoran , mereka memanggil pelayan dengan mengacungkan tangan.
Sementara itu orang Amerika ketika mengobrol dan berdiri dengan lawan bicaranya sering menghindari jarak dekat dan menggerak – gerakkan tangan mereka saat mereka bicara.Dan juga ketika mengungkapkan “ Oke” atau “ beres “ mere4ka melingkarkan ibu jari dan jari telunjuk mereka membentuk huruf “ O “dan merenggankan ketiga jari mereka.
Hal ini sangat bertolak belakang sekali dengan gesture orang brazil dengan hal tersebut, karna orang brazil menggap hal seperti itu sebagai hal yang tidak senonoh.Terus apakah yang akan tejadi jikalau orang amerika dan orang Brazlil bertemu/ mungkinn mereka akan menyinggung satu dengan yang lainnya.Maka dari itu, inilah pentingnya komunikasi Non verbal antar budaya.
Kategori Utama Dalam Komuunikasi Non Verbal.
1.Kinestik ( Gerakan anggota tubuh ).
a. Ekspresi Wajah.
Menurut Charles R Darwin ( 1872 ), dia mempunyai konsep bahwa ekspesi wajah sebagai petunjuk emosi . dan dia juga menyatakan bahwa “ saya sudah menyaksikan tampilan semua wajah orang di dunia , dengan cara yang sama mereka menampilkan emosinya.
Ekhman ( 1972 ) sepakat dengan pendapat Darwin , bahwa ekspresi wajah dan tubuh adalah luapan emosi yang spontan, selain bawaan dari lahir juga di pengaruhi oleh factor eksternal.
Sementara itu Ssilvian S Thomskin mengungkapkan 8 Ekspresi wajah yang mencengangkan,yaitu :
1. Surprise
2. Minat
3. Gembira
4. Gusar
5. Takut
6. Jijik / muak.
7. Malu
8. Kesedihan
b. kontak mata.
Kontak mata juga merupakan ekspresi non verbal yang sangat penting, terutama dalam kita berkomunikasi dengan orang lain.Selain itu juga sebagai representasi dari perasaan kita.
c. Isyarat Tangan.
Bisa menegaskan sikap kita ketika berkomunikasi dengan lawan bicara.
Ada beberapa tingkatan cara memegang yang bias di ekspresikan oleh tangan, di antaranya adalah :
1.Aspeck functional Proffesion ( perabaan terhadap teman profesi fungsi )
2. Social Polite ( Sopan Santun ).
3. Friendship ( nmenunjukkan Persahabatan ).
4. Love Intimacy ( Keintiman Cinta ).
5, Sexual arousal (daya tarik seksual ).
d. Kepala.
Dapat mengisyaratkan sesuatu,seperti menggelengkan kepala ,menunjukkan nketidakmauan untuk menjalani suatu hal.
e. Kaki.
Mampu mewaki luapan emosi kita.
f.Penampailan rupa.
Bisa menggambarkan kepribadian kita.
g. Berdiam diri.
Seringkali orang yang sedang kosong fikirannya mengekspresikan hal ini untuk ketengan jiwa mereka.
Macam-macam bahasa tubuh
A. Bahasa tubuh orang berbohong :
1. Menutup mulut dan berbatuk. Orang secara refleks menutup mulutnya saat berbohong. Berusaha menghentikan mulutnya untuk mengeluarkan kebohongan. Lain lagi jika lawan bicara kita menutup mulut, itu artinya dia pikir kita berbohong.
2. Menyentuh hidung. Menyentuh hidung sebagai bentuk ‘pelesetan’ dari menutup mulut yang menjauh menjadi ke bawah hidung secara halus.
3. Memalingkan pandangan. Orang yang berbohong selalu ingin memalingkan pandangan ke arah lain.
4. Peningkatan kedipan mata. Peningkatn kedipan mata sebagai bentuk rasa gugup dari seseorang yang berbohong.
5. Menggaruk leher. Gerakan ini merupakan respon saraf-saraf di sekitar leher pada saat berbohong akan terasa gatal.
B. Bahasa tubuh orang tertarik
1. Meletakan tangan di dada. Gerakan ini menunjukkan sebuah penerimaan. Biasanya diiringi oleh bahasa lisan, seperti janji dan kekaguman.
2. Mendekat. Jika seseorang tertarik, tanpa sadari dia akan mendekatkan dirinya pada orang yang menarik perhatiannya.
3. Menunjuk dengan kaki. Gerak isyarat ini biasanya terjadi dalam posisi berdiri. Arah kaki dapat menunjukkan ketertarikan seseorang, entah secara seksual, entah dengan ide-ide yang sedang dibicarakan orang tersebut.
4.Kombinasi tatapan dan perubahan pupil mata. Jika seseorang tertarik, tatapannya akan tertahan untuk waktu yang lebih lama dari biasanya.
5. Merapikan rambut. Baik pria maupun wanita, jika bertemu dengan lawan jenis dan merasa tertarik, mereka pasti akan merapikan atau menyentuh bagian rambutnya, bahkan seorang botak.
6. Mengentakkan Kepala. Gerakan ini biasa dilakukan wanita dan dibarengi dengan menyibakkan rambut ke belakang sehingga leher terlihat jelas.
7. Merapikan baju. Bisa berupa merapikan lipatan kerah, lipatan tangan, menarik rok, menggosok sedikit bagian pundak, atau bagian busana lainnya.
C. Bahasa tubuh orang yang menolak atau marah
1. Menyilang tangan di dada. Gerakan ini menunjukkan seseorang berada dalam kondisi tertutup (tidak nyaman) terhadap lingkungan sekitarnya. Saat sedang duduk, isyarat ini seringkali diperkuat dengan menyilangkan kaki atau tungkai.
2. Kombinasi gerakan tangan dan tatapan. Bahasa tubuh seperti ini biasanya terjadi saat seseorang tidak mempunyai keberanian untuk mengemukakan pendapat dan ketidaksukaannya terhadap seseorang.

D. Bahasa tubuh orang yang merasa berkuasa
1. Meletakan kaki di atas meja. Meskipun terbilang kurang sopan, mengangkat kaki menunjukkan penguasaan seseorang atas lingkungannya.
2. Tangan dilipat ke belakang. Biasanya, gerakan isyarat ini dilakukan saat sedang berdiri atau berjalan.
3. Menghembuskan rokok ke atas. Seorang perokok sering kali menunjukkan kekuasaannya dengan cara mengembuskan asap rokoknya ke atas sambil memonyongkan sedikit mulutnya.
E. Bahasa tubuh orang sedih, kecewa atau stres
1. Menunduk dan tangannya mengusap kepala bagian belakang.
2. Mengusap jidat. Gerakan ini biasanya didukung dengan raut wajah.
F. Bahasa tubuh lain dengan gerakan tangan
1. Memainkan kacamata. Gerakan ini menunjukkan seseorang ingin mengulur-ulur waktu sampai ia merasa nyaman mengambil keputusan.
2. Mengusap dagu. Saat seseorang menempelkan tangan di dagu dan mulai mengusapnya secara perlahan, proses pengambilan keputusan sedang Berlangsung. Mirip dengan bahasa tubuh memainkan kacamata, hanya saja dilakukan oleh orang yang tidak berkaca mata.
3. Tangan di pinggang. Gerakan ini menunjukkan keagresifan dan kesiagaan seseorang terhadap lingkungannya.
4. Memasukkan ibu jari ke saku depan. Gerak isyarat ini menunjukkan agrsivitas secara seksual jika terjadi pada dua orang atau lebih dari jenis kelamin yang berbeda. Jika sesama pria melakukan bahasa tubuh ini, ada dua kemungkinan, mereka mengalami kelainan atau akan terjadi perkelahian di antara mereka tak lama lagi.
Manfaat mempelajari bahasa tubuh
1. Mempermudah transaksi penjualan
Sebagai seorang wiraniaga sebaiknya mempelajari bahasa tubuh. Ketika berbicara dengan customer tidak memasukkan tangan ke saku, agar customer merasa dihargai. Dimulai dari posisi duduk sebelum presentasi kepada calon pembeli. Memperhatikan selama menjelaskan produk apakah pembeli merasa tertarik, bosan atau keberatan dilihat dari ekspresi wajahnya, cara duduknya dan cara merespon pertanyaan yang diajukan.
2. Mempermudah dalam negosiasi bisnis
Ketika kita berjabat tangan dengan seseorang kita dapat merasakan genggaman tangannya. Genggaman yang kuat menandakan semangat dalam diri orang tersebut, sifat yang keras bahkan terkesan menunjukkan kekuasaan. Setidaknya kita sudah bisa menebak sifat orang yang kita ajak negosiasi.
3. Mempererat hubungan
Seorang atasan yang memahami bahasa tubuh lebih mudah melakukan pendekatan dengan karyawannya. Waktu menyampaikan perintah atau gagasan bisa mengetahui tanggapan dari karyawan dari ekspresi wajahnya, terlihat senang atau murung, nada suaranya apakah datar atau bersemangat. tentunya setelah mengetahui reaksi karyawan kita tidak terlalu memaksakan kehendak, bahkan kalau ada keberatan berusaha mencari titik tengahnya.
4. Menarik simpati lawan jenis
Seorang pria yang tertarik dengan teman wanitanya terlihat dari caranya menatap dan berbicara. Beberapa wanita akan risih jika pria menatap mereka dari wajah, turun ke dada terus ke kaki. Pria kadang terlihat gugup atau malu waktu berbicara. Mungkin sebelum bertemu ia akan berpakaian rapi dan menyiapkan kado atau hadiah yang istimewa.
Seluruh keberhasilan proses komunikasi pada akhirnya tegantung pada efektifitas komunikasi, yakni sejauh mana para partisipannyamemberikan makna yang samaatas pesan yang di pertukarkan.Pada akhirnya latar belakang budaya partisipan akan sangat menentukan efektifitasnya itu. Oleh karenanya memahami budaya adalah prasaratpenting keberhasilan komunikasi,terutama komunikasi non verbal.


DAFTAR PUSTAKA
1.Makna Budaya Dalam Komunikasi antar Budaya
Penulis : Dr.alo Liliwere.M.S Penerbit : LKIS Jogja 2009.
2. http://www.banibiasa.com/2009/03/mem
3. http://kepribadiansukses.com/kiat-sukses/memahami-bahasa-tubuh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar